Jumat, 25 November 2016

APLIKASI TEKNOLOGI INCON PADA SAWIT - 2 Pengendalian Ganoderma


MEMUPUK SEKALIGUS MENGENDALIKAN  
Ganoderma  sp.



Foto pohon sawit yang batang bawah terkoyak akibat Ganoderma boninense


Bahkan Chipping pokok sawit lama yang terlalu tebal (diatas 15 cm) dan tergeletak terbiarpun masih potensial terserang Ganoderma dan menjadi sumber inokulan baru bilamana ketika perataan tanah paska chipping tidak diikuti/ dibarengi dengan penaburan/penyemprotan menggunakan jamur antagonis TRICHONIC-2. Ketika melakukan riset pemulihan lahan sawit secara replanting di Kebun Teluk Dalam bulan Desember 2016, tim peneliti INCON Institute menemukan adanya beberapa badan buah Ganoderma boninense dan jenis yang lain pada bongkahan batang sawit hasil chipping 3-4 minggu sebelumnya.






 Gb. Gejala serangan Ganoderma
 Keterangan:
1 dan 2: pada tanaman muda, 3: tubuh buah, 4: pada tanaman tua- a. daun pupus tidak membuka , b. nekrosis pada daun, c. daun patah dan menggantung, d. daun mengering dan mati, e. tubuh buah muncul menempel pada pangkal batang.


Catatan :
  • BIOCOND atau ULTRA BIOSOIL merupakan hasil fermentasi aneka bahan alami dan organik berbentuk bubuk warna putih keabu-abuan dengan berbagai fungsi dalam pembenahan tanah dan tanaman secara revolusioner. Tanah bantat jenuh residu kimia dapat disuburkan dalam tempo 1-3 minggu, tanah bekas tambang emas dan batubara dapat dinetralkan dan ditanami setelah 2-4 minggu tergantung kejenuhan atau tingkat kerusakan tanah tersebut.
  • Penyemprotan tanah bertabur BIOCOND dengan Pupuk Organik Cair Lengkap HUMUSUBUR (D'NATURE + Air Kelapa) dosis 40 CC dalam 10 liter air akan mengaktifkan BIOCOND secara cepat dalam menyuburkan tanah dan tanaman.
  • Pada kawasan replanting sawit dengan serangan Ganoderma tinggi sebelumnya, maka dibutuhkan aplikasi dengan Trichonic-2 pada lubang tanam, bibit sawit siap ditanam dan rumpukan batang sawit terbiar sekitar lokasi penanaman.
  • Pada pengobatan tanaman sawit terinfeksi Ganoderma boninense perlu dilakukan pengobatan langsung tanaman terserang (2 kali penyemprotan/penyiraman dengan TrichoNic-4 selang 1 bulan), perawatan intensif pada 8 tanaman pokok sekeliling (1 kali penyemprotan/penyiraman dengan TrichoNic-2) atau untuk lebih kuatnya dengan TrichoNic-4 yang dapat mengatasi aneka jamur patogen dengan 4 variant Trichodermanya, memacu pertumbuhan akar dengan mycoryza dan polimyxanya, serta mengatasi larva Oryxtes-kumbang badak.


Catatan :
  • Yang dimaksud PUPUK SECUKUPNYA pada perlakuan tanah dapat berupa pupuk organik kompos dengan dosis umum sebesar 50 kg/lubang tanam atau pupuk NPK dosis 700-1000 gram/lubang tanam, atau pupuk PASTA BIONIK 500-700 gram/lubang tanam.
  • TRICHONIC adalah salah satu produk MasterBionik hasil nano bioteknologi humus aktif yang mengandung aneka jenis pengurai bahan organik, pengikat nutrisi, dan jamur antagonis pengendali Ganoderma/ aneka jamur patogen lainnya. TRICHONIC  dapat diaplikasikan bersamaan dengan POCL D'NATURE ataupun berdiri sendiri dengan dosis 1 sachet (10 gram) TRICHONIC dalam 50 gram gula + air 20-50 liter untuk  lahan seluas 1000-2000 meter persegi.
  • Aplikasi TRICHONIC mutlak dilakukan pada pengendalian Ganoderma melalui penyemprotan batang tubuh tanaman bagian bawah dan zona perakaran serta batang tubuh Ganoderma
  • Efektivitas pemakaian TRICHONIC dapat ditunjukkan dengan meningkatnya populasi jamur antagonis Trichoderma di dalam tanah, menurunnya kandungan spora Ganoderma dalam tanah, meningkatnya kandungan klorofil pada daun,  berhentinya pertumbuhan gejala serangan pada tanaman maupun rontok dan mengering/hancurnya badan buah Ganoderma dan  miselium Ganoderma setelah 1-2 bulan  aplikasi, tumbuhnya miselia Trichoderma pada  pada badan buah Ganoderma, membukanya kembali daun tombak, menurunnya angka pelepah menjuntai dan tumbuhnya akar baru
  • Ketika belum terjadi perubahan iklim makro tahun 2008, pemakaian Trichonic-2 sudah cukup efektif untuk mengobati tanaman terserang Ganoderma. Namun demikian seiring dengan meningkatnya kemampuan adaptasi Ganoderma di lapangan, maka CV. INCON juga mengembangkan varian jamur antagonis Trichoderma dalam produknya dari 2 jenis Trichoderma dalam TrichoNic-2 menjadi 4 jenis Trichoderma dalam Trichonic-4 yang sekaligus dilengkapi dengan biopestisida pengendali Oryxtes.
Foto Pohon sawit dengan buah masih lebat yang tumbang
  • Pada beberapa kasus pengobatan tanaman terserang Ganoderma, meskipun muncul kembali perakaran baru yang lebat tetapi ada yang masih menyisakan pangkal batang yang berlubang dan dikhawatirkan tetap akan tumbah bilamana terkena angin kuat dan buahnya lebat sebagaimana dituturkan oleh Pak Chairul dan Pak Dasron Purba dari PT. PADASA ENAM UTAMA. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka aplikasi TrichoNic dapat dibarengi dengan penaburan ULTRA BIOSOIL yang dengan biosilica aktifnya akan memperkuat akar dan batang tubuh tanaman.
_________________________________ 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar