Selasa, 20 Desember 2016

PROSEDUR APLIKASI TEKNOLOGI INCON DALAM PENANAMAN SAWIT KAWASAN SERANGAN Ganoderma




Teknik aplikasi teknologi ncon dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan untuk menghasilkan perlakuan yang diharapkan paling efektif dan efisien. Untuk replanting perlu diusahakan alat semprot yang akan membawa jamur antagonis dalam  TrichoNic-2 yang akan disemprotkan pada bibit siap tanam dan pokok batang tanaman lama yang rebah belum terurai menjadi kompos.





A.  PENYIAPAN DAN APLIKASI TrichoNic-2
     Caranya sebagai berikut  :
  1. Siapkan alat : jrigen volume 5 liter atau lebih, alat semprot steril (bagi alat semprot bekas herbisida/ pestisida perlu direndam dulu minimal semalam dengan air yang diisikan penuh + bubuk ULTRA BIOSOIL 1 sdm/liter air kemudian digojog  dan disimpan semalam. Setelah itu airnya dibuang), ember, gayung.
  2. Siapkan bahan : TrichoNic-2, air kelapa, air
  3. Siapkan botol bekas air mineral kemudian diisi dengan 5 sdm gula + air kelapa hingga penuh. --> tambahkan masing-masing botol/ jrigen dengan 1 sachet TrichoNic-2 --> Tutup rapat dan simpan selama 1-15 hari (tiap hari diceck, bilamana jrigen menggelembung maka kendorkan tutup untuk mengeluarkan gasnya, lalu tutup rapat kembali) sehingga menjadi TrichoNic-2 Cair atau TC-2 
  4. Dari TC-2 tersebut :
  • Masukkan/campurkan 1 jrigen 5 liter TC-2 tersebut dengan 3000-3500 liter air  (1 tanki) dan 15 liter HumuSubur  --> siramkan pada lobang tanam dosis 30-40 liter/lobang tanam. Jadi, bila kita akan menyiram 1 hektar: butuh bibit 110 pokok, butuh air siram lubang 110x30 liter=3.300 liter. 
  • TC-2 ini juga digunakan  untuk menyemprot tanah permukaan polybag bibit atau pangkal batang bibit sawit dan rumpukan batang sawit lama, dengan dosis 50 cc (5 sdm) dalam 10 liter air. Semprotlah rumpukan batang sawit lama terbiar hingga permukaan bawah yg dekat tanah pada pagi hari/sore hari ketika udara tidak panas ataupun hujan (sebelum jam 07.00 pagi atau setelah 16.00 sore)
B.  PENYIAPAN DAN APLIKASI MENYELURUH
  1. Siapkan alat: mobil tanki cp 3000 lt beserta mesin dan selang semprot, sarung tangan, sendok penuang pasta.
  2. Siapkan bahan : ULTRA BIOSOIL/UB (120 kg/hektar), HumuSubur/HS (10 liter/ hektarr) dan PASTA BIONIK/PB  (125 kg/hektar)
  3. Tabur merata UB sebanyak 1000 gram pada lubang tanam, tumpukan bekas tebang dan bekas lubang tanam.
  4. Taruhkan PASTA BIONIK 1 kg/lubang tanam dengan posisi mengelilingi dasar lubang. 
  5.  Siapkan tanki pengangkut air dan isi dengan HS, TC-2 dan air (setiap 3500 liter diisi dengan 3 jrigen HumuSubur (15 ltr)  dan  3,5 liter larutan TrichoNic-2 (hasil pelarutan 1 sachet) --> isi air hingga penuh (3500 liter)--> siramkan lubang tanam dosis 30 ltr/lubang atau untuk 125 pokok/tanki 
  6.  Masukkan dan tanam bibit tanaman yang sudah tersedia 
  7.  Demikian seterusnya.
______________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar